Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

Search

Jacqui Datang, Bukti Orangutan Masih Terus Terancam Kehidupannya


Pada 12 Januari lalu, tim rescue kami di Nyaru Menteng melaksanakan misi penyelamatan pertama di tahun ini terhadap satu bayi orangutan betina di Desa Pilang, Kalimantan Tengah. Bayi yang kemudian kami beri nama Jacqui itu, ditemukan oleh seorang warga setempat bernama Edy di sekitar saluran primer antara Desa Pilang dan Desa Tubang Nusa. Dengan adanya satu bayi yang kembali kami selamatkan ini, semakin jelaslah bahwa dampak kebakaran hutan yang menghancurkan banyak wilayah di tahun 2015 masih berlanjut dan mengancam keselamatan Orangutan Kalimantan yang kini berstatus ‘sangat terancam punah’.

Edy mengaku menemukan Jacqui sekitar tengah hari, meringkuk tanpa induk. Akhirnya, ia pun langsung melaporkan temuannya kepada tim kami di Nyaru Menteng, dan segera tim gabungan dari Nyaru Menteng dan BKSDA Kalimantan Tengah bertolak menuju Desa Pilang.

 

Drh. Lia melakukan pemeriksaan kepada Jacqui dan menemukan ada luka basah di perutnya

 

Kondisinya sangat memprihatinkan; kurus dan kekurangan nutrisi

Drh. Lia Kristina yang bersama tim segera melakukan pemeriksaan awal dan tindakan medis yang dibutuhkan kepada Jacqui di Pilang sebelum membawanya ke Pusat Rehabilitasi Nyaru Menteng untuk perawatan intensif dan pemeriksaan menyeluruh. Pemeriksaan menunjukkan bahwa Jacqui berusia sekitar 1 tahun, dengan berat 2,6 kg, dan dari hasil pemeriksaan ronsen, tubuh Jacqui sehat.

 

Foto Rontgen Jacqui

Berkat perawatan tim medis kami, luka di perut Jacqui sudah mengering, dan ia sudah bergabung di Nursery Group. Kendati sedikit pemalu dan belum mampu bersosialisasi dengan yang lain, keahlian Jacqui memanjat pohon patut diapresiasi. Ia dengan cepat menangkap arahan babysitter, dan kini mulai belajar membangun sarang dari dedaunan dan ranting-ranting pohon di tanah.

 

Jacqui bermain di Nursery Group Nyaru Menteng

Dengan tambahan adanya Jacqui, pusat rehabilitasi BOS Foundation di Nyaru Menteng kini merawat 17 bayi orangutan. Kami di BOS Foundation terus berusaha memperbaiki semua fasilitas yang ada untuk menunjang keberhasilan rehabilitasi seluruh orangutan dan saat ini kami sedang membangun rumah-rumah baru untuk para bayi orangutan di Nyaru Menteng dan Samboja Lestari, yang diperkirakan akan selesai pada bulan April 2017 mendatang (Baca selengkapnya di sini: Rumah Baru Untuk Para Bayi Orangutan).

Sungguh tragis melihat orangutan terus-menerus terdesak keluar dari habitat alaminya, dan bahwa bayi-bayi orangutan terus kehilangan induk mereka. Kami harus terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai ancaman ini dan status konservasi Orangutan Kalimantan. Para pelaku pengrusakan dan pemanfaat hasil hutan yang tidak bertanggung jawab harus mendapat hukuman yang sesuai. Orangutan berada di jurang kepunahan, kehidupan mereka ada di tangan kita. Bersama-sama, kita harus #SaveOrangutans!

Teks oleh: Tim Komunikasi BOSF di Nyaru Meteng dan Kantor Pusat

Kamu bisa membuat perubahan sekarang juga dan membantu menyelamatkan orangutan! DONASI SEKARANG

 

ORANGUTAN GOES TO SCHOOL

Hari Bumi Bersama Siswa BCU

Tim kami di Nyaru Menteng, bersama dengan para siswa dan guru dari Sekolah Bina Cita Utama (BCU) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, merayakan Hari Bumi 2017

Selengkapnya

BOSF Media Channel