Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

Search

BOS Foundation, BKSDA Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kembali Melepasliarkan Dua Belas Orangutan ke TNBBBR di Kalimantan Tengah


Dua belas orangutan kembali dilepasliarkan ke TNBBBR di Kalimantan Tengah pada pelepasliaran orangutan ke-18 oleh BOSF Nyaru Menteng. Pelepasliaran kali ini menggenapi jumlah pelepasliaran orangutan di Nyaru Menteng menjadi 30 orangutan di tahun ini.

Keduabelas orangutan tersebut terdiri dari 8 orangutan betina dan 4 orangutan jantan, yang diberangkatkan melalui 2 grup terpisah di hari berbeda. Grup pertama - Elin, Heidi, Cameron, Geragu, Tubagus, dan Tuhe berangkat dari Nyaru Menteng pada 2 Agustus, dan dilepasliarkan keesokan harinya. Sementara itu, grup kedua, yang membawa Seruni, Suryani, Mariam, Niken, Pak Edi, dan Otong, berangkat pada 4 Agustus dan dirilis keesokan harinya.

Tim pelepasliaran kami membius orangutan sekitar pukul 03.00 sore pada hari keberangkatan, kemudian memindahkan mereka ke dalam kandang transport di kompleks karantina Nyaru Menteng, siap untuk perjalanan jauh.

Pemeriksaan OU

Pemeriksaan kesehatan orangutan

Meninggalkan NM 2

Tim meninggalkan Nyaru Menteng menuju TNBBBR

Setelah orangutan diperiksa oleh dokter hewan, para orangutan pun meninggalkan Nyaru Menteng bersama tim pelepasliaran. Perjalanan dari Nyaru Menteng menuju TNBBBR memakan waktu sekitar 6 jam melalui jalur darat. Seperti biasa, tim kami mengikuti protokol ketat selama perjalanan; berhenti setiap 2 jam untuk memeriksa kondisi orangutan, serta memberikan makanan dan minuman seperlunya.

pemeriksaan ou di jalan

Pemeriksaan orangutan selama perjalanan

Begitu sampai Desa Tumbang Tundu, tim melanjutkan perjalanan menggunakan kapal motor kecil yang dikenal sebagai ‘ces’ atau ‘kelotok’ selama lima jam perjalanan melalui jalur sungai.

Sesampainya di tepi sungai dekat kamp, kandang transport para orangutan diturunkan satu persatu dari kapal motor dan dibawa ke titik-titik pelepasliaran di hutan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Kedua belas orangutan pun segera dilepasliarkan ke habitat alaminya dan merasakan kebebasan sesungguhnya di rumah baru mereka!

tramsferring dr boat

Pemindahan kandang dari klotok ke tepi hutan

malik buka kandang geragu

Malik membuka kandang Geragu

dr Agus dan tubagus

Agus membuka kandang Tubagus

BOS Foundation telah melepasliarkan sebanyak 47 individu orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Ditambahkan 12 orangutan, jumlah orangutan yang dilepasliarkan di TNBBBR saat ini menjadi 59 individu orangutan. Pelepasliaran kali ini menambah jumlah total orangutan yang dilepasliarkan BOS Foundation menjadi 301 orangutan.

closing image

BOS Foundation mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dan kontribusinya dalam memastikan tercapainya upaya konservasi dan pelestarian alam di Indonesia.

 

Teks oleh: Tim Komunikasi BOS Foundation

Anda bisa membuat perubahan dan membantu menyelamatkan orangutan!

DONASI SEKARANG

ORANGUTAN GOES TO SCHOOL

Hari Bumi Bersama Siswa BCU

Tim kami di Nyaru Menteng, bersama dengan para siswa dan guru dari Sekolah Bina Cita Utama (BCU) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, merayakan Hari Bumi 2017

Selengkapnya

BOSF Media Channel