Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

Search

Cemong, Si Raksasa di Hutan Kehje Sewen


Cemong adalah salah satu orangutan terbesar yang pernah dilepasliarkan BOS Foundation ke Hutan Kehje Sewen di Kalimantan Timur. Berat badannya saat dirilis bulan Feburari lalu adalah 120 kilogram! Hampir dua bulan berlalu, dan si raksasa Cemong telah menjelajah jauh ke jantung Hutan Kehje Sewen.

Tim PRM kami baru-baru ini berhasil memantau aktivitas Cemong di lokasi yang cukup jauh dari titik pelepasliarannya. Saat itu Cemong sedang bergelantungan di pohon. Ia tampak sangat sehat dan beradaptasi dengan baik di rumah barunya.

Foto 1. Cemong by dani

Cemong tengah melihat lingkungan sekitarnya dari atas pohon

Hari itu, Cemong memakan banyak makanan alami, termasuk umbut rotan, rayap, daun muda, dan buah-buahan hutan. Ketika beberapa buah-buahan jatuh ke tanah, Cemong bergegas turun untuk memunguti, seolah-olah ia tidak ingin menyia-nyiakan makanan.

Foto 2. Cemong by ruben

Cemong turun dari atas pohon untuk mengumpulkan buah-buahan yang jatuh

Setelah kenyang, Cemong beristirahat di tanah. Dia tampaknya menikmati saat-saat damai tanpa gangguan, mendengarkan suara monyet bersahutan di kejauhan.

Foto 3. Cemong by dani 2

Cemong beristirahat di tanah setelah kenyang

Setelah sejenak beristirahat, Cemong kembali naik ke atas pohon. Kami takjub melihatnya memanjat. Ia dengan hati-hati memilih cabang yang cukup kuat untuk menahan berat badannya sembari perlahan bergerak melalui kanopi hutan. Tim kami terus mengikutinya dari kejauhan.

Foto 4. Cemong by dani

Dengan banyak usaha, Cemong berhasil kembali naik ke pohon

Pada sore hari, Cemong menemukan sebatang kayu lapuk yang penuh rayap dan sangat menikmati cemilan kaya protein itu. Setelah kenyang menyantap rayap, Cemong duduk di dahan pohon sembari bersandar santai di batang pohonnya. Saat matahari mulai terbenam, Cemong tetap duduk beristirahat, tampak kelelahan akibat berat badannya yang membebani.

Mengingat jarak pulang ke kamp dan susahnya medan, tim memutuskan untuk kembali sebelum Cemong membangun sarang malamnya. Kami benar-benar puas memantau Cemong yang tampak sehat dan hidup beradaptasi dengan baik di Hutan Kehje Sewen. Sehat selalu, Cemong!

Teks oleh: Tim PRM di Camp Lesik, Hutan Kehje Sewen.

Kamu bisa mendukung tim kami dan kegiatan pemantauannya. DONASI SEKARANG ke BOS Foundation dan bantu kami untuk tetap semangat!

ORANGUTAN GOES TO SCHOOL

Hari Bumi Bersama Siswa BCU

Tim kami di Nyaru Menteng, bersama dengan para siswa dan guru dari Sekolah Bina Cita Utama (BCU) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, merayakan Hari Bumi 2017

Selengkapnya

BOSF Media Channel