Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

Search

Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah di Nyaru Menteng

Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah di Nyaru Menteng didirikan pada tahun 1999, khusus untuk menyediakan perawatan dan rehabilitasi bagi orangutan yang terusir dari habitatnya atau kehilangan induknya akibat kegiatan pembangunan manusia.

Terletak di Arboretum Nyaru Menteng, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Palangka Raya, kegiatan utama kami di Nyaru Menteng antara lain penyelamatan orangutan dan translokasi, perawatan dan pelayanan kesehatan, rehabilitasi, dan reintroduksi. Konservasi habitat dan alam liar hanya dapat dicapai dengan bekerja sama dengan masyarakat setempat dan pemangku kebijakan lainnya. Oleh karena itu dalam seluruh bidang pekerjaan, kami benar-benar terlibat dengan masyarakat setempat dan sekolah-sekolah pada kegiatan pengembangan masyarakat dan penjangkauan pendidikan konservasi.

Yayasan BOS telah menyelamatkan lebih dari 1000 orangutan di Kalimantan Tengah
dan saat ini merawat lebih dari 500 orangutan di Nyaru Menteng

Translokasi Orangutan

Orangutan yang telah terusir dari habitat alami mereka akibat kegiatan pembangunan manusia telah kehilangan habitat mereka yang luas, sehingga mereka terpaksa menjelajah jauh untuk mencari makanan. Seringkali mereka masuk ke perkebunan kelapa sawit atau kebun warga karena mereka tidak memiliki alternatif lain. Bersama dengan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, kami berhasil menyelamatkan orangutan dari situasi seperti ini. Jika mereka sehat, kami segera dapat melepaskan mereka ke habitat alami mereka yang aman. Praktek ini dikenal dengan istilah translokasi. Jika orangutan mengalami cedera atau sakit, kami menyediakan perawatan kesehatan untuk memastikan mereka pulih untuk kemudian ditranslokasi atau mengikuti program reintroduksi ke depannya.

Rehabilitasi dan Reintroduksi Orangutan

Yayasan BOS mengelola dua program reintroduksi, yaitu Nyaru Menteng di Kalimantan Tengah dan Samboja Lestari di Kalimantan Timur. Kedua program ini fokus pada kegiatan rehabilitasi dan reintroduksi, sejalan dengan kebijakan nasional serta pedoman dan kriteria internasional (IUCN). Ketika bayi orangutan dipisahkan dari ibunya, mereka kehilangan seluruh waktu pembelajaran sejak dini. Oleh karena itu, tujuan rehabilitasi adalah untuk membekali orangutan yang kehilangan induknya dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup setelah mereka cukup umur untuk dilepasliarkan kembali ke hutan.

PROSES REHABILITASI

Perawatan Kesehatan dan Karantina

Setiap orangutan yang tiba di salah satu program reintroduksi kami harus melalui prosedur karantina dan pemeriksaan kesehatan rutin (fisik dan psikologis). Hal ini sangat penting karena orangutan yang diselamatkan kemungkinan besar telah tertular penyakit dari manusia yang biasanya tidak ditemukan di alam liar.

Rehabilitasi

Sebagian besar orangutan yang masuk ke fasilitas kami berusia masih sangat muda, sehingga membutuhkan rekan sesama orangutan untuk berinteraksi dan mendapatkan pembelajaran harian tentang bertahan hidup hutan. Selama rehabilitasi, orangutan diajarkan dan dibimbing untuk membangun sarang, memilih pakan alami yang tepat dan mengenali predator alami mereka. Proses ini dimulai di ‘Sekolah Bayi’ dan berlangsung melalui berbagai tingkat di ‘Sekolah Hutan’, di mana setiap hari dihabiskan di hutan untuk belajar keterampilan baru. Keterampilan yang diperoleh setiap individu akan dinilai sebelum mereka boleh naik ke tingkat selanjutnya. Orangutan yang semakin berkembang kemampuannya akan menempati salah satu dari pulau pra-pelepasliaran, yang merupakan hutan singgah untuk menuju tahap akhir rehabilitasi. Tergantung pada usia dan keterampilan yang dimiliki masing-masing orangutan, rehabilitasi bisa memakan waktu hingga 7 tahun.

Reintroduksi

Tujuan utama kami adalah untuk memperkenalkan kembali orangutan ke habitat alami mereka yang aman untuk membangun populasi baru yang layak dan bersifat jangka panjang untuk meningkatkan konservasi spesies di alam liar. Areal hutan yang telah kami jamin untuk program reintroduksi kami di Kalimantan Tengah, telah dilengkapi kamp, peralatan dan personil terlatih untuk memastikan bahwa Program Monitoring Orangutan kami di lapangan mampu untuk terus memantau setiap adaptasi orangutan ke habitat alami mereka. Kegiatan ini membutuhkan banyak perencanaan dan dukungan logistik yang sangat besar dalam pelaksanaannya. Anda dapat mendukung Program Pelepasliaran Orangutan kami melalui donasi.

Suaka Jangka Panjang

Sangat memprihatinkan karena beberapa orangutan kami tidak dapat kembali ke alam liar karena menderita sakit atau cedera. Tim kami berdedikasi untuk terus merawat dan memberikan perawatan kesehatan bagi orangutan yang membutuhkannya sepanjang hidup mereka. Orangutan dapat hidup selama 50 tahun di pusat rehabilitasi dan kami memastikan bahwa kami akan terus menyediakan bagi mereka perawatan jangka panjang dan perlindungan maksimal.

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Pusat Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah – Nyaru Menteng

Jalan Cilik Riwut KM 28 PO BOX 70,

Palangka Raya 7300 Kalimantan Tengah, Indonesia 

Ph: +62 (0) 811 5200 0366 / 811 520 0038 
Fax: +62 (0) 536 322 5065 
Email: bos_nyarumenteng@orangutan.or.id

ORANGUTAN GOES TO SCHOOL

Hari Bumi Bersama Siswa BCU

Tim kami di Nyaru Menteng, bersama dengan para siswa dan guru dari Sekolah Bina Cita Utama (BCU) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, merayakan Hari Bumi 2017

Selengkapnya

BOSF Media Channel