Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

KABAR TERBARU

Inilah Alba, Orangutan Albino Dari Kapuas, Kalimantan Tengah

Yayasan BOS menghaturkan rasa terima kasih yang tak terhingga atas dukungan global untuk memberikan nama terbaik bagi orangutan albino yang kami selamatkan di Kalimantan Tengah, dua pekan lalu.

selengkapnya

KABAR TERBARU

BOS Foundation Bersama BKSDA Kalimantan Tengah Menyelamatkan Orangutan Albino

BOS Foundation bekerja sama dengan BKSDA Kalimantan Tengah, berhasil menyelamatkan satu orangutan betina berusia 5 tahun di desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

selengkapnya

SIARAN PERS

Enam Orangutan Kembali Meraih Kebebasannya di Hutan Kehje Sewen!

Bekerja sama dengan PT. RHOI dan BKSDA Kalimantan Timur, BOS Foundation kembali melepasliarkan enam orangutan ke habitat alaminya di Hutan Kehje Sewen, yang terletak di Kabupaten Kutai Timur. Keenam orangutan ini telah menyelesaikan masa rehabilitasi yang panjang di Sekolah Hutan kami.

selengkapnya
Noor, Sang Ratu Hutan

Kami telah cukup lama mencoba untuk melacak dan mengamati Noor. Orangutan betina berwajah gelap dan rambut panjang ini terbukti sangat sulit ditemukan. Noor memiliki kepribadian pemarah, mudah sekali merasa terganggu dengan keberadaan tim Post Release Monitoring (PRM) kami dan akan mengusir mereka dari daerah ‘kekuasaannya’ jika ada yang mendekat.

August 14, 2017
BOS Foundation, BKSDA Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kembali Melepasliarkan Dua Belas Orangutan ke TNBBBR di Kalimantan Tengah

Untuk mencapai tujuan kampanye #OrangutanFreedom pada tahun ini yang menargetkan pelepasliaran 100 orangutan ke hutan alami, BOS Foundation, BKSDA Kalimantan Tengah, dan Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) kembali bekerja sama untuk melepasliarkan orangutan dari Nyaru Menteng.

August 07, 2017
[SIARAN PERS] Dua Belas Orangutan Kembali Dilepasliarkan Yayasan BOS dan BKSDA Kalimantan Tengah di TNBBBR

Yayasan BOS bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah hari ini kembali melepasliarkan 12 (dua belas) orangutan dari Pusat Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah di Nyaru Menteng (Nyaru Menteng) ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan. Pelepasliaran ini adalah yang ke-6 kali diadakan di TNBBBR dan yang ke-18 kali dilakukan oleh Yayasan BOS di Kalimantan Tengah sejak tahun 2012.

August 02, 2017

EMERGENCY RESCUE

We had translocated 11 orangutans who need rescuing urgently

Tentang Kami

Didirikan pada 1991, Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (Yayasan BOS) adalah sebuah organisasi non-profit Indonesia yang didedikasikan untuk konservasi orangutan Borneo dan habitatnya, bekerjasama dengan masyarakat setempat, Kementrian Kehutanan Republik Indonesia dan organisasi mitra internasional.

Yayasan BOS saat ini merawat lebih dari 750 orangutan dengan dukungan 400 karyawan yang berdedikasi tinggi, serta juga para ahli di bidang primata, keanekaragaman hayati, ekologi, rehabilitasi hutan, agroforestri, pemberdayaan masyarakat, edukasi, dan kesehatan orangutan.

  • Tentang Orangutan

    Cari tahu selengkapnya tentang orangutan di sini!

  • FAQ

    Pertanyaan yang sering diajukan tentang orangutan

  • Fakta Orangutan

    Orangutan mempunyai ekor. Fakta atau Mitos?
    Cari tahu selengkapnya di sini!

Program-program BOS Foundation

Nyaru Menteng

Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah di Nyaru Menteng

Samboja Lestari

Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Timur di Samboja Lestari

Mawas

Program
Konservasi
Mawas

RHO

Restorasi
Habitat
Orangutan

ORANGUTAN GOES TO SCHOOL

Hari Bumi Bersama Siswa BCU

Tim kami di Nyaru Menteng, bersama dengan para siswa dan guru dari Sekolah Bina Cita Utama (BCU) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, merayakan Hari Bumi 2017

Selengkapnya

BOSF Media Channel