Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

Search

Bantu Kami Namakan Orangutan Albino Yang Kami Selamatkan


Setelah diselamatkan di desa Tanggirang di Kapuas Hulu, Kalimantan Tengah pada 29 April lalu, kondisi orangutan albino yang kami laporkan pekan lalu tersebut kini berangsur pulih dalam perawatan di Pusat Rehabilitasi Orangutan BOS Foundation Nyaru Menteng. Orangutan yang sangat langka ini ditempatkan di fasilitas karantina di bawah pengawasan dan pemeriksaan tim dokter hewan kami sampai ia benar-benar sehat kembali.

Akibat kekurangan pigmentasi, orangutan betina berusia 5 tahun ini sangat peka terhadap sinar matahari dan harus ditempatkan di fasilitas karantina yang remang-remang. Seperti halnya kebanyakan orangutan yang kami selamatkan, si cantik ini datang dalam kondisi yang rentan dan nafsu makan yang rendah.

Saat kami selamatkan, berat badannya tercatat 8,3 kilogram, namun kini telah naik menjadi 12,8 kilogram di hari ke-10 dalam perawatan dokter hewan Arga Sawung Kusuma. Dia kini sangat menikmati makan berbagai jenis buah, menunjukkan kemajuan berarti dibandingkan saat hari-hari pertamanya, ia hanya mau makan tebu.

Si “pirang” nan cantik ini telah menjadi duta bagi spesiesnya dan kami berharap menemukan nama yang spesial dan sesuai dengan keunikannya. “Peristiwa yang sangat langka bisa menemukan orangutan albino, dan mengingat tantangan konservasi yang dihadapi orangutan liar saat ini, kami harap hal ini bisa terwakili dalam namanya”, ujar Dr. Jamartin Sihite, CEO BOS Foundation.

Kami meminta kepada masyarakat untuk membantu kami memberi nama orangutan spesial ini. Kalian dapat mengirimkan usulan nama melalui email ke: name@orangutan.or.id atau menggunakan tagar #albinoorangutan di sosial media. Mohon kirimkan usulan nama antara 8-14 Mei. Nama terbaik akan kami umumkan pada tanggal 15 Mei 2017 di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kami mencari nama yang bermakna, yang menggambarkan kondisi spesialnya sekaligus menekankan pentingnya upaya penyelamatan orangutan yang kini sangat terancam punah.

Kamu bisa membuat perubahan sekarang juga dan membantu menyelamatkan orangutan! DONASI SEKARANG

SHARE THE THINGS THAT matter

Help protecting the Borneo Orangutans

Help protecting the Borneo orangutans by shopping for groceries? Now you can!

Let's Shop

BOSF Media Channel