Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

Search

FAQ

FAQ

Q: Dimana orangutan hidup?

Sumatra, Kalimantan, Sarawak. Daerah-daerah tersebut merupakan habitat asli dimana orangutan hidup. Orangutan selalu berada diatas pohon dan jarang turun ke tanah.

Q: Apa makanan orangutan?

Makanan utamanya adalah buah (60%), Daun muda (25%), Bunga dan kulit kayu (10%), Serangga, terutama semut, rayap dan jangkrik (5%)

Q: Apa yang tidak dimakan oleh orangutan?

Ikan dan daging.

Q: Apakah orangutan nocturnal [aktif pada malam hari]?

Tidak, mereka aktif pada siang hari dan beristirahat [membuat sarang] di malam hari.

Q: Orangutan dapat hidup sampai berapa lama?

Di alam liar rata-rata usianya bisa mencapai 45-50 tahun. Sedangkan jika dia di kebun binatang atau tempat rehabilitasi usianya bisa mencapai 65 tahun.

Q: Bagaimana orangutan bersuara?

“Squeak” adalah cara mereka untuk berkomunikasi. Bayi orangutan menangis seperti bayi manusia pada umumnya, dan orangutan anak terkadang berteriak sambil melemparkan sesuatu. Orangutan yang usianya sudah remaja mampu membuat suara panjang [lebih dari 1 menit] menyerupai bunyi “grumph”. Bunyi tersebut dapat didengar hingga sejauh 300 meter di dalam hutan. Orangutan jantan dewasa dapat membuat seruan panjang. Suara ini sangat keras dan mampu terdengar hingga 1 kilometer.

Q: Seberapa besarkah orangutan?

Orangutan yang masih bayi beratnya sekitar 0.5 kg pada saat lahir. Betina dewasa tingginya mencapai 1.3 meter dan memiliki berat 45kg. Sedangkan yang jantan tingginya bisa mencapai 1.8 meter dengan berat badan 120kg.

Q: Apakah perbedaan antara orangutan jantan dengan orangutan betina?

Jantan dewasa berukuran lebih besar daripada betina. Sebagaimana tubuhnya yang membesar, wajahnya juga akan berubah drastic ketika beranjak dewasa. Orangutan jantan dominan memiliki bantalan pipi (cheek pads) dan kantung suara (throat poach) di bawah dagunya.

Q: Berapa banyak induk dapat melahirkan bayi dalam satu waktu?

Biasanya hanya satu, sangat jarang induk orangutan melahirkan bayi kembar. Masa kehamilann orangutan sama dengan manusia yaitu sekitar 9 bulan.

Q: Kapan bayi orangutan berpisah dari ibunya?

Bayi orangutan tinggal bersama ibunya hingga usia 6-7 tahun. Mereka menyusu selama 3 tahun sambil juga mempelajari jenis pakan lainya di hutan. Induknya akan mengajari mereka berbagai hal untuk dapat bertahan hidup di hutan. Hubungan mereka sangat dekat.

Q: Apakah orangutan hidup berkelompok?

Tidak, orangutan dewasa banyak menghabiskan masa hidupnya sendirian, tidak membentuk kelompok seperti keluarga kera besar lainnnya. Kecuali bayi dan orangutan yang masih anak akan tinggal bersama induknya.

Q: Pada usia ke berapa orangutan akan mencapai usia dewasa?

Betina sudah bisa mempunyai bayi pada usia 9-12 tahun. Sementara orangutan jantan mulai memasuki usia dewasanya pada 9-15 tahun. Setelah itu, wajah orangutan jantan akan ditumbuhi janggut dan bantalan pipinya mulai membesar. Bantalan pipi dan kantung suara kadang baru akan muncul hingga usia lebih dari 20 tahun, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Q: Apakah orangutan memiliki rumah?

Orangutan membuat sarang untuk beristirahat pada malam hari.

Q: Dimana orangutan tidur?

Orangutan tidur di dalam sarang, biasanya satu sarang baru setiap malam hari. Mereka membangun sarangnya diantara percabangan pohon dengan sangat baik, bentuknya sangat bagus hingga menyerupai sebuah keranjang yang sangat besar. Terkadang ukuran diameter sebuah sarang orangutan dapat mencapai lebih dari 1 meter. Orangutan kadang juga membuat sarang pada saat siang hari untuk isatirahat atau bermain di dalamnya. Bahkan induk orangutan dan ankanya bisa membuat sarang 2-3 kali dalam ehari, selain itu sarang juga digunakan untuk melahirkan sang bayi.

Q: Benarkah orangutan berbahaya atau agresif?

Umumnya tidak, orangutan dapat menjadi agresif karena tergantung dari perlakuan yang diterimanya selama dia dipelihara. Orangutan bisa 6 kali lebih kuat daripada manusia dan memiliki 4 anggota pergerakan, dan gigitannya sangat keras. Normalnya, orangutan adalah satwa yang sangat lembut. Bahkan jika orangutan jantan dewasa bertemu dengan jantan dewasa lainnya, mereka akan saling menghindari pertengkaran dengan cara saling memandangi satu sama lain, jika usaha ini tidak berhasil barulah mereka akan berkelahi.

Q: Apakah orangutan memiliki predator?

Ya, meskipun hanya sedikit-musuh utamanya adalah manusia! Selain macan tutul dan harimau Sumatra sebagai predator alami mereka, manusia juga menjadi ancaman mereka juga saat ini.

Q: Mengapa orangutan terancam punah?

Pertama, manusia menghancurkan hutan sebagai habitat mereka. Kedua, karena masa reproduksi mereka sangat lamban. Orangutan betina hanya melahirkan 1 kali dalam kurun waktu 6-7 tahun di alam liar.

Q: Apakah yang dimaksud dengan pusat rehabilitasi?

Pusat rehabilitasi didirikan untuk menampung orangutan bekas peliharan dari hasil penyitaan maupun serahan masyarakat sekitar. Tujuan pusat rehabilitasi adalah untuk mengajarkan orangutan cara-cara bertahan hidup di hutan, agar bisa dikembalikan ke habitat aslinya.

Sumber : www.orangutancentre.org

SHARE THE THINGS THAT matter

Lorem ipsum dolor sit a viverra ornar.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra ornar.

Learn more

Clickbait