Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

Search
[SIARAN PERS] Yayasan BOS dan BKSDA Kalimantan Tengah Kembali Lepasliarkan Orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Hari Ulang Tahun Kalimantan Tengah yang ke-60

Yayasan BOS bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah akan kembali melepasliarkan 6 (enam) orangutan dari Pusat Reintroduksi Orangutan Kalimantan Tengah di Nyaru Menteng (Nyaru Menteng) di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan. Yayasan BOS berharap pelepasliaran ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan status konservasi orangutan sebagai simbol provinsi Kalimantan Tengah. 

May 22, 2017
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-17 NYARU MENTENG

BOS Foundation bekerja sama dengan BKSDA Kalimantan Tengah akan melepasliarkan enam orangutan rehabilitasi dari Nyaru Menteng ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kabupaten Katingan. Inilah profil mereka

May 20, 2017
[SIARAN PERS] Inilah Alba, Orangutan Albino Dari Kapuas, Kalimantan Tengah

Berkat kampanye global yang kami selenggarakan untuk mencari nama terbaik bagi orangutan albino yang berusia 5 tahun tersebut, Yayasan BOS dengan berbahagia mengumumkan bahwa orangutan cantik ini kini bernama Alba, yang berarti ‘putih’ dalam bahasa Latin dan ‘fajar’ dalam bahasa Spanyol. Kami berharap fajar baru penuh harapan akan merekah bagi spesies yang sangat berharga ini. Nama ini kami pilih dari ribuan usulan nama yang dikirimkan dari berbagai penjuru dunia melalui name@orangutan.or.id atau media sosial dengan tagar #albinoorangutan

May 15, 2017
Bantu Kami Namakan Orangutan Albino Yang Kami Selamatkan

Orangutan betina kami membutuhkan nama. Berikan saran Anda di social media yang kamu punya (Facebook/Twitter/Instagram) menggunakan hashtag #albinoOrangutan atau kirim ke name@orangutan.or.id. Nama terbaik akan diumumkan pada 15 Mei 2017 di halaman sosial media kami: Facebook, Twitter, dan Instagram. 

May 10, 2017
[KABAR TERBARU] BOS Foundation Bersama BKSDA Kalimantan Tengah Menyelamatkan Orangutan Albino

BOS Foundation bekerja sama dengan BKSDA Kalimantan Tengah, berhasil menyelamatkan satu orangutan betina berusia 5 tahun di desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah

May 01, 2017
Enam Orangutan Kembali Meraih Kebebasannya di Hutan Kehje Sewen!

Bekerja sama dengan PT. RHOI dan BKSDA Kalimantan Timur, BOS Foundation kembali melepasliarkan enam orangutan ke habitat alaminya di Hutan Kehje Sewen, yang terletak di Kabupaten Kutai Timur. Keenam orangutan ini telah menyelesaikan masa rehabilitasi yang panjang di Sekolah Hutan kami.

Apr 26, 2017
[SIARAN PERS] Yayasan BOS, PT. RHOI dan Balai KSDA Kalimantan Timur Kembali Melepasliarkan 6 Orangutan di Hutan Kehje Sewen

Yayasan BOS, PT. RHOI dan Balai KSDA Kalimantan Timur akan kembali melepasliarkan enam orangutan ke Hutan Kehje Sewen.

Apr 25, 2017
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-12 SAMBOJA LESTARI

Masih dalam rangka mengkampanyekan #OrangutanFreedom kami di tahun 2017, BOS Foundation melalui Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Timur di Samboja Lestari (Samboja Lestari) dan BKSDA Kalimantan Timur, akan kembali melepasliarkan enam orangutan ke Hutan Kehje Sewen di Kabupaten Kutai Timur. Inilah profil mereka

Apr 24, 2017
[SIARAN PERS] Yayasan BOS dan fX Sudirman Jakarta Menyelenggarakan “Suara Untuk Bumi”

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional yang jatuh pada hari ini, Yayasan BOS bersama fX Sudirman Jakarta bekerja sama untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertema #SuaraUntukBumi.

Apr 22, 2017
Sewindu Restorasi Habitat Orangutan Indonesia

Sudah sewindu sejak berdirinya PT. RHOI, banyak capaian yang telah diraih. Dari tahun 2012 sampai saat ini, 62 orangutan dari Samboja Lestari telah berhasil dilepasliarkan ke Hutan Kehje Sewen. Di antara 62 orangutan yang telah dilepasliarkan, dua betina dewasa, Yayang dan Lesan, telah melahirkan bayi orangutan liar pertama di Kehje Sewen, di mana ini merupakan indikator keberhasilan terbesar dari program reintroduksi orangutan kami.

Apr 21, 2017
Taymur Tiba di Tanah Air!

Setelah persiapan dan koordinasi yang panjang, kami sangat senang untuk mengabarkan bahwa Taymur akhirnya kembali pulang! Selama beberapa bulan terakhir BOS Foundation bekerja keras bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Luar Negeri melalui Kedutaan Besar Ri di Kuwait untuk bisa memulangkan bayi orangutan jantan berusia dua tahun ini.

Apr 18, 2017
[SIARAN PERS] Pemerintah RI Bersama Yayasan BOS Memulangkan Satu Bayi Orangutan Dari Kuwait

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Kementerian Luar Negeri, bersama Yayasan BOS memulangkan satu bayi orangutan jantan dari Kuwait kembali ke Indonesia.

Apr 17, 2017
Empat Sekawan Memulai Hari Pertama di Sekolah Hutan

Sekolah Hutan Group 1 Nyaru Menteng kami kehadiran murid baru; mereka adalah Hanin, Timpah, Yutris, dan Momot.

Apr 12, 2017
Cemong, Si Raksasa di Hutan Kehje Sewen

Cemong adalah salah satu orangutan terbesar yang pernah dilepasliarkan BOS Foundation ke Hutan Kehje Sewen di Kalimantan Timur. Berat badannya saat dirilis bulan Feburari lalu adalah 120 kilogram! Hampir dua bulan berlalu, dan si raksasa Cemong telah menjelajah jauh ke jantung Hutan Kehje Sewen.

Apr 10, 2017
[SIARAN PERS] Yayasan BOS Kembali Memindahkan Orangutan di Pulau Salat

Yayasan BOS di Nyaru Menteng (Nyaru Menteng) kembali memindahkan 12 orangutan yang telah menyelesaikan masa rehabilitasi di Sekolah Hutan ke pulau pra-pelepasliaran, Pulau Salat, di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Apr 05, 2017
Memantau Aktivitas Rafli, Signe, dan Bungaran

Tim PRM kami di Kamp Nles Mamse biasa berangkat dini hari untuk berpatroli, namun hujan lebat membuat kami menunggu sampai hujan berhenti untuk mencegah kerusakan radio akibat terkena air hujan.

Apr 03, 2017
BOS Foundation Menggunakan Enrcihment dalam Proses Rehabilitasi

Para bayi orangutan yang datang ke pusat rehabilitasi BOS Foundation sangat bergantung pada tim babysitter kami untuk membangun rasa percaya diri dan membimbing mereka dalam mengembangkan keterampilan selama usia pertumbuhan. Alat pengayaan atau enrichment juga diperkenalkan selama proses rehabilitasi untuk mendukung pengembangan keterampilan dasar yang kelak dibutuhkan untuk hidup di hutan. 

Mar 29, 2017
Bong dan Angely di Hutan Kehje Sewen

Beberapa hari lalu, tim PRM kami di Kamp Nles Mamse melakukan pemantauan terhadap dua orangutan betina yang kami lepasliarkan pada akhir tahun lalu, Angely dan Bong. Kendati keduanya tidak berkeliaran bersama, tim kami kebetulan bisa mengobservasi interaksi mereka saat kedua orangutan ini berjumpa di Hutan Kehje Sewen.

Mar 27, 2017
Berpacu Dengan Waktu: Menyelamatkan Orangutan dan Hutan Dari Kepunahan

Ancaman terbesar dalam upaya konservasi orangutan adalah kerusakan habitat yang menyebabkan penurunan tajam populasi orangutan di Kalimantan dan Sumatra. Apabila perusakan hutan terus berlanjut seperti saat ini, orangutan akan segera punah sama sekali. Hari Hutan Internasional, yang diperingati setiap 21 Maret mengingatkan kita semua akan masalah ini terkait pelestarian hutan dan ekosistem kita, dan dampak dari keberhasilan orangutan bertahan hidup di alamnya.

Mar 21, 2017
Misi Penyelamatan Berhasil: 11 Orangutan Ditranslokasi dari Mangkutub

At the end of February, a joint team from the Central Kalimantan BKSDA and the BOS Foundation embarked on an orangutan rescue mission to save a group of orangutans stranded along the banks of the Mangkutub River in Kapuas Regency, Central Kalimantan. This mission successfully translocated 11 orangutans to a safer area.

Mar 15, 2017
Ketika Ajeng Bertemu dengan Orangutan Jantan Liar

Tim kami di Kamp Nles Mamse di Hutan Kehje Sewen, baru-baru ini mengamati Ajeng, orangutan betina yang kami lepasliarkan pada September 2015. Tim melihatnya sedang beristirahat di atas pohon dan segera mulai mencatat aktivitasnya, ketika tiba-tiba satu orangutan jantan mendekatinya. Tim tidak mengenali sang jantan dan menyimpulkan dia merupakan orangutan jantan liar.

Mar 13, 2017
Pelepasliaran Sebagai Peluncuran Kampanye #FREEDOM

BOS Foundation mengawali tahun 2017 dengan kembali melepasliarkan orangutan ke habitat alaminya di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, menjadikan jumlah orangutan yang sudah kami lepasliarkan sejak 2012 di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, menjadi 270 orangutan.

Mar 09, 2017
Tahun Kebebasan #FREEDOM: Yayasan BOS dan BKSDA Kalimantan Timur Kembali Lepasliarkan Orangutan ke Hutan Kehje Sewen

Dalam rangka meluncurkan kampanye #FREEDOM di tahun 2017 ini, Yayasan BOS melalui Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Timur di Samboja Lestari (Samboja Lestari) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur kembali melepasliarkan 7  orangutan ke Hutan Kehje Sewen di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Timur, Kalimantan Timur. Pelepasliaran ini akan menambah jumlah populasi orangutan yang dilepasliarkan di Hutan Kehje Sewen menjadi 62 individu orangutan.

Mar 01, 2017
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-11 SAMBOJA LESTARI

Dalam meluncurkan kampanye #FREEDOM di tahun 2017 ini, Yayasan BOS melalui Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Timur di Samboja Lestari (Samboja Lestari) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur kembali melepasliarkan 7  orangutan ke Hutan Kehje Sewen di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Inilah profile mereka

Feb 28, 2017
[SIARAN PERS] Yayasan BOS Luncurkan Misi Penyelamatan Orangutan Berskala Besar Ketiga Kalinya di Kapuas

Setelah berhasil menyelamatkan sebanyak 76 orangutan liar tahun lalu di wilayah sepanjang Sungai Mangkutub, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, tim gabungan dari BKSDA Kalimantan Tengah dan Yayasan BOS kembali meluncurkan misi untuk yang ketiga kalinya di wilayah yang sama untuk menyelamatkan orangutan liar yang kami masih temukan. 

Feb 21, 2017
Tahun Kebebasan Orangutan #FREEDOM: Yayasan BOS dan BKSDA Kalimantan Tengah Kembali Lepasliarkan 12 Orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya 

Dalam meluncurkan kampanye #FREEDOM kami, Yayasan BOS dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah kembali melepasliarkan 12 orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). 

Feb 17, 2017
[SIARAN PERS] Yayasan BOS Mengutuk Keras Pembunuhan Orangutan di Kapuas

Yayasan BOS mengutuk keras pembunuhan satu individu orangutan dewasa oleh 10 pekerja perkebunan kelapa sawit di Kapuas, Kalimantan Tengah, baru-baru ini. Kejadian ini menambah daftar panjang konflik antara manusia dan orangutan di wilayah perkebunan kelapa sawit

Feb 16, 2017
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-16 NYARU MENTENG

Dalam meluncurkan kampanye #FREEDOM kami, BOS Foundation dan BKSDA Kalimantan Tengah, 12 kandidat #OrangutanRelease dari Nyaru Menteng akan dilepasliarkan ke Hutan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Pada kesempatan ini, salah satu orangutan yang merupakan orangutan hasil repatriasi dari Thailand 10 tahun lalu, juga akan dilepasliarkan pada rilis kali ini.  Inilah profile mereka

Feb 16, 2017
Baby House Kami Sudah Mencapai 75%

Baby House kami sudah mencapai 75%, terima kasih atas dukungan Anda! Kami tidak sabar untuk melihat para bayi kami pindah ke rumah baru mereka ♥

Feb 09, 2017
Leonie Menikmati Hidup di Hutan Kehje Sewen

Tim PRM kami dari Kamp Nles Mamse belum lama ini mencari dan melacak Leonie di Hutan Kehje Sewen. Tim kami mengarah ke lokasi terakhir Leonie terdeteksi dan mengandalkan radio untuk mencari sinyal. Setelah berjalan mendaki bukit mengikuti sinyalnya, kami menemukan Leonie sedang berada di tanah makan umbut.

Feb 07, 2017
Orangutan Hidup Sejahtera di Hutan Lindung Bukit Batikap

Di penghujung tahun lalu, saya kembali ke Hutan Lindung Bukit Batikap di Kalimantan Tengah untuk mengamati perkembangan orangutan-orangutan yang kami lepasliarkan di sana dari sudut pandang kedokteran hewan.

Feb 02, 2017
Rafli Hidup Sejahtera di Kehje Sewen

Hujan di pagi hari tidak mengurangi semangat tim PRM kami untuk melakukan pemantauan nest-to-nest atau pemantauan dari sarang ke sarang pada Rafli, orangutan jantan yang kami lepasliarkan di daerah selatan Hutan Kehje Sewen Oktober 2016 lalu.

Jan 31, 2017
Jacqui Datang, Bukti Orangutan Masih Terus Terancam Kehidupannya

Pada 12 Januari lalu, tim rescue kami di Nyaru Menteng melaksanakan misi penyelamatan pertama di tahun ini terhadap satu bayi orangutan betina di Desa Pilang, Kalimantan Tengah. Bayi yang kemudian kami beri nama Jacqui itu, ditemukan oleh seorang warga setempat bernama Edy di sekitar saluran primer antara Desa Pilang dan Desa Tubang Nusa

Jan 26, 2017
Cita Menikmati Pakan Alami Berlimpah

Tim PRM kami di Kamp Nles Mamse di belantara Kehje Sewen belum lama ini merencanakan untuk mencari Cita, dan setelah beberapa jam mendaki dan menurun perbukitan, kami menemukannya asyik bersantai duduk di pucuk kanopi pohon. Duduk sekitar 20 meter tingginya dari tanah, Cita tampak cukup sehat dan banyak makan buah-buahan hutan.

Jan 24, 2017
Rumah Baru untuk Para Bayi Orangutan

Di akhir tahun 2015 lalu, kebakaran melanda banyak daerah di Kalimantan mengakibatkan kerusakan hutan dan memberi dampak luar biasa buruk bagi populasi satwa liar. Akibatnya, banyak bayi orangutan secara tragis harus kehilangan induk dan rumah mereka, dan tim penyelamatan orangutan kami bersiaga terus sepanjang waktu.

Jan 19, 2017
Pertemuan Dua Ibu di Hutan Kehje Sewen

Meskipun beberapa bulan terkahir, teman-teman kami di Camp Nles Mamse tengah sibuk melakukan pemantauan rutin terhadap orangutan yang baru saja dilepasliarkan, kami pun di Camp Lesik juga tetap rutin melakukan kegiatan monitoring orangutan. Baru-baru ini, tim kami cukup beruntung bertemu dengan dua ibu yang menghabiskan waktu bersama-sama di hutan; Yayang dan Lesan, berserta bayi yang menempel di perut mereka.

Jan 17, 2017
Para Orangutan Beradaptasi dengan Baik di Hutan Kehje Sewen

Kami dengan gembira mengabarkan bahwa keenam orangutan yang dilepasliarkan pada Desember tahun lalu; Signe, Bungaran, Indonesia, Cita, Valen, dan Bong, beradaptasi dengan baik di rumah baru mereka di Hutan Kehje Sewen. Pasangan ibu dan dan anak, Signe dan Bungaran telah beradaptasi dengan baik di lingkungan baru mereka, Signe telah melakukan kewajibannya yang luar biasa untuk mengajarkan anaknya tentang kehidupan di alam liar.

Jan 10, 2017
Charlie Telah Hidup Mandiri di Hutan Lindung Bukit Batikap

Charlie dilepasliarkan di Hutan Lindung Bukit Batikap, Kalimantan Tengah di bulan November 2012 bersama induknyam Chanel. Tim PRM kami baru-baru ini bertemu dengan Charlie, yang kini hidup mandiri dan pandai bersosialisasi setelah memasuki tahun kelimanya tinggal di alam liar.

Jan 05, 2017
Target Tercapai: BOS Foundation Telah Berhasil Melepasliarkan 251 Orangutan

Pelepasliaran orangutan merupakan proses yang rumit dan ini merupakan fokus untama BOS Foundation (BOSF) untuk menyelamatkan kera besar coklat yang sangat terancam punah ini agar dapat bertahan lestari di habitat alaminya. Di usianya yang menginjak 25 tahun, BOS Foundation sukses memenuhi targetnya untuk melepasliarkan 250 orangutan dalam kurun waktu 5 tahun.

Dec 22, 2016
BOSF Memperingati Hari Konservasi Margasatwa Sedunia dengan Melepasliarkan Orangutan

Dalam rangka peringatan Hari Konservasi Margasatwa Dunia tahun ini, pada 6 Desember 2016 lalu, BOS Foundation kembali melepasliarkan 11 orangutan dari Nyaru Menteng ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Pelepasliaran ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan oleh BOS Foundation ke TNBBBR bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah dan TNBBBR.

Dec 15, 2016
[SIARAN PERS] Yayasan BOS Lepasliarkan 251 Orangutan Sejak 2012

Reintroduksi kera besar merupakan proses yang rumit dan di Indonesia ini menjadi fokus utama Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (Yayasan BOS) dalam upaya menyelamatkan orangutan di Kalimantan yang sangat terancam punah.

Dec 13, 2016
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-10 SAMBOJA LESTARI

Di penghujung 2016, yang juga merupakan ulang tahun Yayasan BOS ke-25, enam orangutan akan kembali dilepasliarkan dan menjadikan jumlah total 251 orangutan kami lepasliarkan sejak tahun 2012 lalu. Inilah profil mereka

Dec 12, 2016
Untuk Ketiga Kalinya, Yayasan BOS dan BKSDA Kalimantan Tengah Lepasliarkan Orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Memperingati Hari Konservasi Margawatwa Sedunia (World Wildlife Conservation Day) yang jatuh pada 4 Desember, Borneo Orangutan Survival Foundation (Yayasan BOS) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah akan kembali melepasliarkan 11 orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR).

Dec 06, 2016
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-15 NYARU MENTENG

Memperingati Hari Konservasi Margawatwa Sedunia (World Wildlife Conservation Day) yang jatuh pada 4 Desember, Borneo Orangutan Survival Foundation (Yayasan BOS) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah akan kembali melepasliarkan 11 orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Inilah profil mereka

LIAR

Dec 05, 2016
Pekan Terakhir Saya di Hutan Kehje Sewen

Setelah delapan bulan di Kalimantan Timur, pekan terakhir saya dalam melakukan patroli di Hutan Kehje Sewen memantau pergerakan orangutan pasca pelepasliaran menyingkap beberapa informasi baru mengenai lokasi dan kegiatan orangutan kami di sana.

Dec 01, 2016
Merayakan Ulang Tahun BOS Foundation ke-25

Tahun ini kami mencapai tahun ke-25 dalam bekerja di bidang konservasi orangutan dan habitatnya di Indonesia. Kami telah belajar banyak selama perjalanan kami dan lebih dari seperempat abad, kami telah menyelamatkan lebih dari 2.200 orangutan yang terusir dari habitatnya.

Nov 24, 2016
Lima Orangutan Beradaptasi dengan Baik di Hutan Kehje Sewen

Tim Post-Release Monitoring (PRM) kami di Kamp Nles Mamse beberapa minggu terkahir ini melakukan pemantauan terhadap lima orangutan yang dilepasliarkan ke Hutan Kehje Sewen pada 19 Oktober lalu. 

Nov 22, 2016
[SIARAN PERS] 25 tahun Yayasan BOS berkarya: “Orangutan satwa langka yang dilindungi namun tidak terlindungi”

Borneo Orangutan Survival Foundation menyelenggarakan Malam Selebrasi 25 Tahun dengan tema: Renungan 25 Tahun Yayasan BOS Peduli Orangutan. Perayaan ini bertepatan dengan Pekan Peduli Orangutan atau Orangutan Caring Week yang secara global diperingati setiap minggu kedua bulan November.

 

Nov 18, 2016
RENUNGAN: 25 TAHUN PERJALANAN YAYASAN BOS DALAM KONSERVASI ORANGUTAN

Perayaan 25 tahun perjalanan menyelamatkan orangutan Borneo bersama berbagai pihak. Keberhasilan yang dicapai merupakan kerja sama dari berbagai pihak, baik nasional maupun international. Bersama, masih banyak yang harus kita capai.

Nov 17, 2016
#OrangutanCaringWeek: Bantu Kami Merawat Meryl dan Temannya!

Pada awal Januari 2015, tim kami di Nyaru Menteng bersama-sama dengan BKSDA melakukan perjalanan ke desa Tumbang Jiga, yang terletak terpencil di pedalaman Kabupaten Katingan di Kalimantan Tengah, setelah menerima laporan adanya bayi orangutan yang menjadi peliharaan.

Nov 15, 2016
[SIARAN PERS]: #FunWalk: #CaringforOrangutans Bersama BOS Foundation!

Jakarta, 13 November 2016. Setiap hari orangutan kehilangan habitat akibat perambahan hutan dan alih fungsi lahan. Begitu hutan ditebang, orangutan terpaksa menjelajah lebih jauh untuk mencari makan, kerap kali masuk ke kebun atau pemukiman manusia sehingga konflik antara manusia dan orangutan pun tak terelakkan. 

Nov 13, 2016
Pre-Release Salat Nusa Islands Finally in Use

BOS Foundation Nyaru Menteng’s goal of utilising the Salat Nusa islands as a new pre-release area for rehabilitated orangutans has finally been achieved, with last week’s release of 12 Forest School graduates for the first time to Badak Kecil Island, in Pulang Pisau Regency, Central Kalimantan.

Nov 10, 2016
Lesan dan Putrinya Terlihat Bersama Dengan Casey

Di suatu pagi saat tim Post-Release Monitoring (PRM) kami di Hutan Kehje Sewen berpatroli, kami melihat tanda-tanda orangutan mendekat. Di kejauhan, beberapa pohon tinggi tampak bergantian terayun menandakan perpindahan orangutan di atas pohon.

Nov 08, 2016
[SIARAN PERS] Yayasan BOS Mewujudkan Kawasan Konservasi Orangutan di Pulau Salat

Setelah proses panjang pengurusan ijin pemanfaatan sebagian Pulau Salat di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, akhirnya Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (Yayasan BOS) bisa merealisasikan impian untuk membangun sebuah kawasan konservasi orangutan bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memanfaatkan sebagian lahan di Pulau Salat Nusa di delta Sungai Kahayan sebagai area konservasi orangutan

Nov 03, 2016
#OrangutanCaringWeek

Ajak teman-temanmu untuk menyelamatkan orangutan tanpa harus pergi ke hutan, dengan mengikuti #FunWalk BOS Foundation, yang akan berlangsung di kawasan #CarFreeDay Jakarta, pada 13 November.

Nov 02, 2016
Pelepasliaran Orangutan BOS Foundation ke-9 di Hutan Kehje Sewen

Kami bekerja tanpa lelah selama 25 tahun, dan bersama BKSDA Kalimantan Timur kembali melepasliarkan lima orangutan ke Hutan Kehje Sewen, pada 18 Oktober.

Oct 27, 2016
SELAMATKAN ORANGUTAN KALIMANTAN!

Populasi orangutan liar dan habitat mereka terus menurun secara signifikan dan IUCN menetapkan orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) sebagai spesies yang terancam punah > http://www.iucnredlist.org/details/17975/0. Upaya serius dalam konservasi orangutan sangat diperlukan saat ini juga untuk melindungi orangutan Kalimantan.

Oct 26, 2016
Sayang Telah Mandiri di Hutan Kehje Sewen

Kala para anggota tim PRM setiap pagi berangkat berpatroli untuk melacak keberadaan orangutan di Hutan Kehje Sewen, tak ada yang bisa menebak dengan pasti orangutan mana yang akan mereka temukan hari itu. Pada tanggal 3 Oktober, persis setelah meninggalkan kamp, tim PRM di Kamp Lesik mendengar bunyi yang sangat mereka kenal, dahan patah dan gemerisik daun di kejauhan. Namun mengingat Kehje Sewen dipenuhi berbagai satwa yang hidup di pepohonan, mereka baru bisa memastikan bahwa itu adalah orangutan setelah melihat pucuk pohon berayun.

Oct 25, 2016
Kesibukan Emen, Seorang Ibu yang Tahu Bagaimana Bersantai

Bayangan kita tentang orangutan bisa dipastikan berupa satwa mengagumkan yang bergelantungan tinggi di pepohonan, bergerak dari satu cabang ke cabang lain memetik buah dan beristirahat di sarang yang terletak tinggi di atas pohon. Meski begitu, terkadang orangutan meninggalkan zona nyaman dan keamanannya di atas pohon untuk turun ke tanah dan mencari makan di tanah, kendati ada beberapa, seperti Emen, yang turun ke tanah untuk alasan lain.

Oct 20, 2016
[SIARAN PERS] Yayasan BOS Kembali Lepasliarkan Empat Orangutan di Kalimantan Timur

Di usianya yang ke-25 di tahun 2016, Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (Yayasan BOS) akan kembali melepasliarkan 4 orangutan rehabilitasi dari Program Reintroduksi Orangutan dan Rehabilitasi Lahan Samboja Lestari (Samboja Lestari) ke Hutan Kehje Sewen, yang berlokasi di Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Kertanegara.

Oct 18, 2016
KENT – KEMBALI PULANG

Kent tiba dari Sangkulirang ke Samboja Lestari pada tanggal 24 Maret 1999, setelah diselamatkan dari kebun warga ia masih berusia 2 bulan dengan berat badan 5 kg. Bayi jantan tanpa induk ini mengalami dehidrasi dan diare parah akibat cacingan.

Oct 17, 2016
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-9 SAMBOJA LESTARI

Di usianya yang ke-25 di tahun 2016, BOS Foundation bersama BKSDA Kalimantan Timur akan kembali melepasliarakan 4 orangutan rehabilitasi dari Samboja Lestari ke Hutan Kehje Sewen. Inilah keempat profil mereka

Oct 16, 2016
BOS Foundation Kembali Melepasliarkan 8 Orangutan di TNBBBR

BOS Foundation Nyaru Menteng kembali berhasil melepasliarkan delapan orangutan ke habitat alaminya di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Pelepasliaran ini sebagai wujud perayaan Hari Habitat Sedunia, yang terjadi setiap tahun pada hari Senin pertama di bulan Oktober.

Oct 13, 2016
Tiga Orangutan Bertemu di Hutan Kehje Sewen

Beberapa minggu lalu, Tim PRM kami di kamp Nles Mamse melakukan pemantauan nest-to-nest terhadap Bungan (Baca cerita selengkapnya di sini:Bungan Menikmati Madu Setelah Diserang Lebah). Tim kami kembali bertemu dengannya beberapa hari kemudian, dia sedang mencari makan di sebuah bukit dekat kamp Nles Mamse, tempat kita menemukan buah hutan tersedia berlimpah sepanjang tahun ini. Bungan terlihat menikmati buah rotan dan Lithocarpus sp. dan minum air dari batang pohon.

Oct 11, 2016
New Baby House in Nyaru Menteng

Terima kasih kepada para donatur! Penggalangan dana kami untuk rumah baru bagi para bayi orangutan di Nyaru Menteng akhirnya terkumpul! Pantau terus lini masa kami untuk tahu lebih banyak tentang kemajuan dan rencana untuk fasilitas yang sangat dibutuhkan ini.

Oct 10, 2016
GREAT APES GIVING DAY BERHASIL!

Terima kasih banyak untuk semua yang sudah mendukung kami di Great Apes Giving Day, yang jatuh pada tanggal 4 Oktober di tahun ini. Melalui kegiatan penggalangan dana yang selama 24 jam diselenggarakan oleh Arcus Foundation, bekerja sama dengan Global Federation of Animal Sanctuaries dan Razoo

Oct 06, 2016
[SIARAN PERS] Yayasan BOS Bersama BKSDA Kalimantan Tengah Kembali Lepasliarkan Orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Memperingati Hari Habitat Sedunia yang jatuh pada tanggal 3 Oktober, Borneo Orangutan Survival Foundation (Yayasan BOS) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah akan kembali melepasliarkan 8 orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Sejak 2012, Yayasan BOS telah melepasliarkan 222 orangutan ke hutan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Oct 05, 2016
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-14 NYARU MENTENG

Memperingati Hari Habitat Sedunia yang jatuh pada tanggal 3 Oktober, Borneo Orangutan Survival Foundation (Yayasan BOS) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah akan kembali melepasliarkan 8 orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Inilah profil mereka

Oct 04, 2016
4 Oktober

Diselenggarakan oleh Arcus Foundation bermitra dengan Global Federation of Animal Sanctuaries (GFAS), Great Apes Giving Day berlangsung pada Selasa, 4 Oktober; 4 hari lagi! Lebih dari 30 tempat penyelamatan kera besar ikut serta melalui kampanye online selama 24 jam yang disediakan oleh Razoo. Kalian

Sep 30, 2016
Orangutan Menjalani Cek Kesehatan Rutin Setiap Tahun

Orangutan yang menjalani rehabilitasi di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, dan Samboja Lestari, Kalimantan Timur, menjalani pemeriksaan medis rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan dari masing-masing individu orangutan dan membantu kita, atau bersiap menghadapi kemungkinan epidemi. 

Sep 29, 2016
Bungan Menikmati Madu Setelah Diserang Lebah

Di suatu pagi berhujan di Kehje Sewen, dua anggota tim PRM kami di kamp Nles Mamse, Bowo dan Rizal bersiap mengamati dan mencatat aktivitas Bungan dari fajar hingga terbenam matahari. Setelah menunggu setengah jam, hujan pun reda dan tanpa membuang waktu, mereka langsung mencari sarang Bungan dan beruntung dapat menemukannya saat Bungan belum bangun dari tidurnya.

Sep 27, 2016
Tiga Orangutan datang Lagi ke Perawatan BOS Foundation

Tanggal 9 September lalu BKSDA Kalimantan Tengah dan tim rescue BOS Foundation Nyaru Menteng bekerja sama untuk menyelamatkan bayi betina berusia 8 bulan dari penduduk lokal di Desa Bawan, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. 

Sep 22, 2016
Persahabatan Leonie dan Teresa di Kehje Sewen

Belum lama ini, Jani, Usup, dan Rizal, Tim PRM kami di kamp Nles Mamse melakukan patroli di Transek 7, dan bertemu dengan Leonie dan Teresa, dua orangutan betina yang dilepasliarkan pada September dan Desember 2015 lalu. Tim kami beruntung bisa memantau aktivitas mereka di Hutan Kehje Sewen, mengingat keduanya selama ini telah menjelajah jauh sehingga sulit dilacak.

Sep 20, 2016
Perjalanan Singkat Penuh Kejutan (2 – Tamat)

Setelah selesai menentukan titik pelepasliaran untuk orangutan (Baca cerita selengkapnya di sini: Perjalanan Singkat Penuh Kejutan (1)), kami bergabung dengan rapat harian tim PRM di Kamp Nles Mamse. Di sini kami menerima informasi tentang keberadaan orangutan jantan liar tidak dikenal berkeliaran di Kehje Sewen bagian Selatan. 

Sep 15, 2016
Si Gemuk Ella Hidup Senang di Batikap

Kendati belum lama berada di Batikap, saya segera jatuh cinta kepada orangutan, terutama setelah menyadari kecerdasan ditambah pesona mereka yang luar biasa. Belum lama ini, saya benar-benar jatuh cinta pada Ella.

Sep 13, 2016
Perjalanan Singkat Penuh Kejutan (1)

Sebagai koordinator Tim Post-Release Monitoring (PRM) RHOI, saya bertanggung jawab melakukan persiapan untuk kegiatan pelepasliaran orangutan berikutnya di Kalimantan Timur. Saya diberi tugas untuk menyiapkan pemantauan dan menilai kandidat orangutan release di Samboja Lestari sekaligus menentukan titik pelepasliaran di Hutan Kehje Sewen.

Sep 08, 2016
Lima Orangutan yang Dilepasliarkan di TNBBBR Hidup Sejahtera

Tim Post Release Monitoring (PRM) kami di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) di Kalimantan Tengah memiliki tanggung jawab besar untuk melakukan pengamatan harian terhadap 10 orangutan yang dilepasliarkan bulan lalu. Tim melakukan patroli dan melacak keberadaan orangutan melalui sinyal radio, berdasarkan catatan terakhir di mana orangutan tersebut berada. 

Sep 06, 2016
Harapan Baru Bagi Lahan Eks Mega Proyek Lahan Gambut Sejuta Hektar

Kebakaran, perambahan, dan pembukaan lahan hutan untuk pertanian adalah ancaman terbesar bagi hutan Kalimantan dan satwa liar yang menghuninya. Kerusakan lahan yang masif akibat Proyek Lahan Gambut Sejuta Hektar di Kalimantan Tengah pada pertengahan tahun 90-an merupakan bukti adanya efek jangka panjang dari pembukaan hutan pada lingkungan, masyarakat setempat, dan satwa liar

Sep 01, 2016
Angely di Zona Nyamannya

Suatu pagi yang dingin di bulan Agustus di Hutan Kehje Sewen, tiga anggota Tim PRM kami di Camp Nles Mamse (Rizal, Yosi, dan Luy) berangkat untuk melakukan observasi nest-to-nest pada Angely, orangutan betina yang dilepasliarkan BOS Foundation Mei lalu.

Aug 30, 2016
Suci dan Tumang, Bukan Lagi Peliharaan Manusia

Kehidupan orangutan di Kalimantan terus terancam karena habitatnya yang tak henti tergerus dan populasi mereka diburu untuk dijual atau dijadikan satwa peliharaan. Belum lama ini BOSF Nyaru Menteng kembali menerima dua orangutan yang sebelumnya dipelihara oleh masyarakat setempat di Kalimantan Tengah.

Aug 25, 2016
Mengenal Ular di Hutan Kehje Sewen

Hutan Kehje Sewen memiliki kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Berbagai jenis ular dapat ditemukan di Hutan Kehje Sewen, inilah beberapa di antaranya:

Aug 23, 2016
Pelepasliaran 10 Orangutan ke TNBBBR Pertama Kali

Dalam memperingati Hari Konservasi Alam Nasional tanggal 10 Agustus lalu, BOS Foundation dan BKSDA Kalimantan Tengah merilis 10 orangutan dari Nyaru Menteng ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah untuk pertama kalinya.

Aug 18, 2016
Mengobservasi Si Cantik Bungan

Beberapa hari lalu, Luy dan Riki, tim PRM kami di Camp Nles Mamse, melakukan patroli ke arah pelangsiran, sebuah desa transit kecil di perbatasan Hutan Kehje Sewen. Sinyal kuat Bungan datang di dekat mata air. Saat itu Bungan banyak beraktivitas di pohon yang rendah.

Aug 16, 2016
[SIARAN PERS] Kementerian LHK, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dan Yayasan BOS Lepasliarkan Orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya untuk yang Pertama Kali

Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, 13 Agustus 2016. Dalam memperingati hari Konservasi Alam Nasional yang jatuh tanggal 10 Agustus, di usianya yang ke-25 Yayasan BOS kembali bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah untuk memberangkatkan sebanyak 10 individu orangutan

Aug 13, 2016
PROFIL KANDIDAT PELEPASLIARAN ORANGUTAN KE-13 NYARU MENTENG

Melanjutkan kesuksesan pelepasliaran 167 orangutan Kalimantan Tengah (Pongo pygmaeus wurmbii) di Hutan Lindung Bukit Batikap (Batikap) sejak tahun 2012 lalu, kini Borneo Orangutan Survival Foundation (Yayasan BOS) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah akan kembali melepasliarkan 10 orangutan dari Nyaru Menteng

Aug 12, 2016
Persahabatan Antara Orangutan

Grup orangutan yang terakhir kami lepasliarkan (Pelepasliaran Orangutan Nyaru Menteng ke-12) kini telah menyesuaikan diri di Batikap, dan mulai berpencar. Kegembiraan awal akan teraihnya kebebasan mulai memudar, dan kebanyakan orangutan memilih untuk sendiri daripada menghabiskan waktu bersama-sama. Tapi tidak semua.

Aug 11, 2016
Anak Lesan Perempuan!

Setelah beberapa minggu, tim PRM kami di Camp Lesik tidak melihat keberadaan Lesan dan bayinya, beberapa hari lalu akhirnya mereka kembali berhasil bertemu dengan mereka. Tim kami berhasil mengamati kegiatan Lesan sepanjang hari, dari ia bangun dari sarang di pagi hari, sampai ia membangun sarang di sore hari.

Aug 09, 2016
Kabar Terbaru dari Napri dan Yutris

Napri kami selamatkan di lahan bekas kebakaran hutan dan lahan di Desa Hiang Bana, Kabupaten Katingan (Baca selengkapnya di sini: Menyelamatkan Orangutan dari Kebakaran Hutan), dan Yutris diselamatkan di Desa Madara, Kabupaten Barito Selatan bekerja sama dengan BKSDA Kalimantan Tengah (Baca selengkapnya di sini: Yutris, Anggota Baru Nyaru Menteng). 

Aug 04, 2016
Pakan Alami Orangutan di Hutan Kehje Sewen

Tantangan terbesar dalam usaha melepasliarkan orangutan kembali ke alam liar adalah menemukan hutan yang cocok untuk mereka tinggali. Untuk menentukan kelayakan sebuah area hutan sebagai wilayah potensial pelepasliaran, pertama kita perlu melakukan survei fenologi menyeluruh untuk memastikan kawasan terkait memiliki ketersediaan pakan alami yang cukup untuk sepanjang tahun.

Aug 02, 2016
Raymond dan Bungan, Pertemuan yang Berkesan

Tim PRM kami di Camp Nles Mamse baru-baru ini memantau kegiatan Raymond selama beberapa hari berturut-turut untuk melihat bagaimana ia beradaptasi dengan kehidupannya di Hutan Kehje Sewen sejak dilepasliarkan pada 28 Mei lalu.

Jul 28, 2016
Dewi dan Buah Hatinya

Di satu siang yang cerah di Batikap, saya menemani tim PRM naik perahu menyusuri Sungai Joloi mencari sinyal terpancar dari salah satu dari 155 orangutan rehabilitasi yang selama ini dilepasliarkan di sini. Kecantikan pemandangan dan keragaman isi hutan ini tak kunjung menjemukan.

Jul 27, 2016
Perdamaian dan Pepaya di Antara Sahabat

Di suatu pagi yang cerah di Hutan Kehje Sewen, tim PRM kami  bersiap memantau aktivitas Lesan dan bayinya. Pasangan ibu dan anak itu ditemukan tidak jauh dari Camp Lesik, menikmati beberapa pepaya di tanah. Ibu dan bayi tampak bahagia dan sehat.

Jul 19, 2016
HOPE (harapan), Help Orangutans, Protect Earth

Perubahan status konservasi orangutan kalimantan yang baru-baru ini dikeluarkan IUCN dari ‘langka’ menjadi ‘terancam punah’ menunjukkan bahwa kerja keras kita semua selama ini belum cukup. Orangutan liar masih saja terusir dari habitat alami mereka.

Jul 16, 2016
Tumbuh di Batikap

Ketika pertama kali tiba di kamp Totat Jalu bulan Maret lalu, saya langsung melihat Lesta dan Lewis, sepasang ibu dan anak yang dilepasliarkan ke Hutan Lindung Bukit Batikap Februari 2013 lalu. Pasangan ibu dan anak ini terlihat di sekitar kamp, dan mereka tampak sangat sehat dan aktif. Hari itu juga saya bergabung dengan Tim PRM untuk mengamati Lesta dan Lewis dan ini merupakan pengalaman yang tak ternilai.

Jul 14, 2016
Angely Menikmati Hidup di Hutan Kehje Sewen

Tim PRM kami dari Camp Nles Mamse telah berhasil mengikuti Angely dan dengan senang hati melaporkan Angely beradaptasi dengan baik dengan rumah barunya di Hutan Kehje Sewen. Angely kerap tampak menyantap buah Artocarpus sp. dan Ficus sp. yang merupakan makanan favoritnya.

Jul 12, 2016
Vote BOS Foundation Sebagai Organisasi Favorit Anda!

Perusahaan Saleduck Asia sedang mengadakan “Kampanye Amal Saleduck 2016” dan akan mendonasikan Rp 15 juta untuk yayasan, foundation, atau organisasi yang berbasis non profit (nirlaba) di Indonesia. Saleduck Asia adalah perusahaan Belanda yang berbasis internet sejak tahun 2012 berpusat di Amsterdam.

Jul 02, 2016
Jelapat, Bayi Orangutan Kelima yang Tiba di Nyaru Menteng di Bulan Ini

Ibarat kisah tanpa akhir, tim rescue Nyaru Menteng kami kembali menyelamatkan bayi orangutan yang menjadi hewan peliharaan secara ilegal oleh seorang warga setempat, kali ini di Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Jun 30, 2016
Lima Orangutan yang Kami Lepasliarkan Beradaptasi dengan Baik

Pasca pelepasliaran orangutan Samboja Lestari ke-8 pada 28 Mei 2016 lalu, Tim PRM kami di Nles Mamse mengabarkan bahwa Gadis, Hope, Raymond, Kenji, dan Angely  telah beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya. Kelima orangutan tersebut sangat aktif beraktivitas di atas pohon dan sangat baik dalam mendapatkan pakan alaminya!

Jun 28, 2016
Ikatan Seorang Ibu

Setelah beberapa hari tidak terpantau keberadannya, Tim PRM kami di Camp Lesik, Hutan Kehje Sewen akhirnya kembali bertemu dengan Yayang dan bayinya, Louise, di dekat camp di suatu sore setelah menyelesaikan patroli. Tim mulai mengumpulkan data ’found-to-nest’, di mana kami mengamati orangutan sampai ke titik ketika dia membangun sarangnya di malam hari. Malam itu, Yayang membangun sarangnya tidak jauh dari Camp Lesik, sekitar 250 meter.

Jun 23, 2016
Bumi: Orangutan Baru Lahir Tanpa Induk

Dua bayi orangutan kembali datang ke BOS Foundation. Satu bayi jantan berusia sekitar 1-2 tahun dibawa ke Pusat Rehabilitasi Samboja Lestari, Kalimantan Timur pada 15 Juni 2016 setelah diselamatkan dari warga di Desa Samboja. Beberapa hari kemudian tim kami di Nyaru Menteng juga menerima satu bayi orangutan jantan pada 18 Juni 2016 dini hari, yang diselamatkan di Desa Tumbang Koling di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah oleh BKSDA Kalimantan Tengah dan Centre for Orangutan Protection.

Jun 21, 2016
DUA LAGI BAYI ORANGUTAN TIBA!

Pusat Rehabilitasi BOS Foundation sudah melebihi kapasitas, namun kami terus saja menerima bayi orangutan yatim piatu.

Jun 18, 2016
Menyelamatkan Orangutan dari Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan dan lahan yang sangat masif di Kalimantan dan Sumatra telah menghancurkan lahan hutan dan rawa gambut menyebabkan tidak hanya manusia, namun juga satwa liar menjadi korban.

Oct 29, 2015
Yutris, Anggota Baru Nyaru Menteng

Pusat Rehabilitasi Orangutan Yayasan BOS di Nyaru Menteng kembali kedatangan seorang bayi orangutan yatim piatu dari Desa Madara, Kabupaten Barito Selatan. Ia kami beri nama Yutris.

Jun 04, 2015
Again, 3 Orangutans Enter Samboja Lestari Rehabilitation Center

On Saturday, 6 October 2012, East Kalimantan Conservation and Natural Resources Authority (BKSDA) contacted the Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) to check the health of three recently rescued orangutans: a male of around 1-2 years old, a female of 3-4 years old, and another

Oct 16, 2012

SHARE THE THINGS THAT matter

Help protecting the Borneo Orangutans

Help protecting the Borneo orangutans by shopping for groceries? Now you can!

Let's Shop

BOSF Media Channel