Borneo Orangutan Survival Foundation

BOSF

Search

Enam Orangutan Kembali Meraih Kebebasannya di Hutan Kehje Sewen!


Bekerja sama dengan PT. RHOI dan BKSDA Kalimantan Timur, BOS Foundation kembali melepasliarkan enam orangutan ke habitat alaminya di Hutan Kehje Sewen, yang terletak di Kabupaten Kutai Timur. Keenam orangutan ini telah menyelesaikan masa rehabilitasi yang panjang di Sekolah Hutan kami.

Siap Berangkat!

Di BOS Foundation Samboja Lestari, para kandidat orangutan pelepasliaran – Reckie, Justin, Ung, Robert, Heli, and Tree – dibius sebelum mereka meraih kebebasannya di Hutan Kehje Sewen. Setelah semuanya terbius, mereka dipindahkan ke kandang transportnya masing-masing, lalu kandang-kandang transport ini dipindahkan ke mobil dan mereka siap untuk berangkat!

Pembiusan orangutan di komplek sosialisasi Samboja Lestari

Reckie, Justin, Ung, Robert, Heli, dan Tree dibius secara bergantian

Pemindahan orangutan ke kandang transport

Keenam orangutan dipindahkan ke kandang transport mereka masing-masing

Keenam orangutan tersebut berangkat dari Samboja Lestari melalui jalur darat pada 25 April, dan langsung ke Hutan Kehje Sewen. Selama di perjalanan, tim kami mengikuti protokol yang ketat selama perjalanan 20 jam, dengan berhenti setiap dua jam untuk memeriksa kondisi orangutan dan memberi mereka makanan serta minuman.

Pemeriksaan orangutan

Berhenti sejenak untuk memeriksa kondisi orangutan

Di halaman depan Kantor BKSDA Kalimantan Timur, diadakan seremoni pelepasliaran dan penandatanganan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pelepasliaran orangutan Samboja Lestari ke-12 yang dilakukan oleh Program Manager BOS Foundation Samboja Lestari, Agus Irwanto, dan Kepala BKSDA Kalimantan Timur, Ir, Sunandar Trigunajasa N.

Penandatanganan

Setelah itu, empat orangutan betina dan dua orangutan jantan melakukan perjalanan darat selama 12 jam ke Muara Wahau, ibukota Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur.

Peresmian Kantor Cabang BOS Foundation

Di Muara Wahau, BOS Foundation mengadakan peresmian kantor cabang baru, dan sekaligus merayakan ulang tahun PT. RHOI yang ke-8. Acara tersebut meliputi upacara tradisional yang melibatkan masyarakat setempat dari Bea Nehas, Diak Lay, dan Deabeq.

Peresmian kantor cabang baru BOSF di Muara Wahau

Seremoni Peresmian Kantor perwakilan BOS Foundation oleh CEO BOS Foundation, Jamartin Sihite bersama masyarakat setempat

Kabar Terbaru dari Hutan Kehje Sewen!

Tim tiba di Muara Wahau pada keesokan harinya, dan kembali melanjutkan perjalanan selama empat jam menuju titik terakhir yang jaraknya 200 meter dari tepian Sungai Telen, titik terakhir yang dapat diakses oleh kendaraan. Tim harus membawa kandang transportasi ke tepi sungai dan memindahkannya ke seberang sisi lain sungai menggunakan ces. Begitu mereka sampai di sisi lain, kandang transport itu dimuat ke dua mobil yang sudah menunggu untuk membawa mereka ke titik-titik pelepasliaran yang sudah di tentukan di bagian Selatan Hutan Kehje Sewen.

Angkut kandang transportasi orangutan ke titik riis

Tim membawa kandang transportasi ke tepi sungai

Akhirnya, pada 26 April, pukul 14.30 waktu setempat, enam orangutan berhasil dilepasliarkan. Dengan dirilisnya keenam orangutan ini, saat ini BOS Foundation telah melepasliarkan 68 orangutan ke Hutan Kehje Sewen sejak tahun 2012 dan menjadikan total 276 orangutan yang sudah dilepasliarkan ke habitat alaminya, baik itu dari Pusat Rehabilitasi Samboja Lestari dan Nyaru Menteng.

2 Justin cage opened by Miranti and Nur, Comdev staff in RHOI (4)

Pembukaan kandang Ung dilakukan oleh staf Pemberdayaan Masyarakat RHOI, Miranti dan Nur | Kamu dapat melihat semua proses pelepasliaran orangutan di halaman facebook RHOI. Klik di sini

6 Ung cage opened by Nicola Walpen (3)

Nicola Walpen dari BOS Swiss membuka kandang Ung | Kamu dapat melihat semua proses pelepasliaran orangutan di halaman facebook RHOI. Klik di sini

Pelepasliaran orangutan kali ini terlaksana berkat kerja sama dengan BKSDA Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Daerah di Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Kartanegara, serta masyarakat Kutai Timur dan Kutai Kartanegara. Yayasan BOS juga berterima kasih atas dukungan moral dan finansial yang diberikan oleh PT. Narkata Rimba, BOS Switzerland, donor perorangan, dan mitra serta organisasi konservasi di seluruh dunia yang peduli dengan konservasi orangutan di Indonesia.

Teks oleh: Tim komunikasi BOS Foundation di Kantor Pusat

Kamu bisa mendukung tim kami dan kegiatan pemantauannya. DONASI SEKARANG ke BOS Foundation dan bantu kami untuk tetap semangat!

ORANGUTAN GOES TO SCHOOL

Hari Bumi Bersama Siswa BCU

Tim kami di Nyaru Menteng, bersama dengan para siswa dan guru dari Sekolah Bina Cita Utama (BCU) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, merayakan Hari Bumi 2017

Selengkapnya

BOSF Media Channel