Apakah kamu member?

ORANGUTAN ADALAH PENGEPUL HUTAN TERBAIK

Orangutan memperoleh pakan dengan cara yang unik dan sangat tergantung pada lingkungan alaminya. Sebagai spesies yang banyak menghabiskan hampir 60-70% waktu hariannya di atas pohon, orangutan dapat memperoleh pakan yang jauh lebih variatif. Keterampilan memanjatnya yang mengagumkan memungkinkan mereka untuk mencapai buah-buahan dan sumber pakan lain yang sulit dijangkau oleh hewan darat lainnya. Tentu hal tersebut tidak membuat mereka juga memperoleh pakan di atas tanah atau lantai-lantai hutan yang lembab. 

Baca juga: BAGAIMANA ORANGUTAN BERBICARA?

Orangutan adalah pemakan buah-buahan. Mereka dapat memperoleh pakan dari berbagai jenis pohon buah di hutan. Mereka memiliki rahang yang kuat dan gigi yang cocok untuk mengunyah buah-buahan yang dapat ditemukan pada pohon-pohon yang tinggi. Selain buah, orangutan juga memakan daun dan pucuk tanaman tertentu. Mereka mungkin meraih daun atau cabang dan memakannya langsung atau memilih bagian yang paling lunak dari tanaman tersebut.

Baca juga: MENCICIPI MAKANAN ORANGUTAN

Sebagai salah satu primata yang cerdas dan memiliki kesamaan gen hingga hampir 97% dengan manusia, orangutan memiliki cara yang kreatif dalam memperoleh pakannya dari tempat-tempat sulit sekalipun. Orangutan dapat menggunakan alat sederhana, seperti ranting atau batang untuk mencari inang atau rayap dari dalam lubang pohon. Mereka juga dapat menggunakan daun atau kayu manis untuk membantu dalam proses ini. 


Orangutan adalah Pengepul Terbaik Hutan (Kredit foto: Rina Agung)

Orangutan adalah Pengepul Terbaik Hutan (Kredit foto: Mutia Salsabiyla)

Orangutan adalah Pengepul Terbaik Hutan (Kredit foto: Amanda Rahma)

Mereka mampu mengembangkan strategi khusus untuk memperoleh pakan. Mereka dapat belajar dari pengalaman dan mengingat lokasi pohon-pohon tertentu yang menghasilkan buah-buahan terbaik. Hidrasi tubuh juga merupakan salah satu hal yang penting bagi orangutan. Mereka dapat memperoleh air dari buah-buahan yang mereka makan. Mereka juga mungkin meminum air dari sungai atau lubang air di hutan.

Baca juga: BAGAIMANA ORANGUTAN BERKOPULASI?

Penting untuk diingat bahwa orangutan sangat tergantung pada hutan hujan yang kaya akan sumber pakan. Ancaman deforestasi dan hilangnya habitat alami dapat menyebabkan orangutan kesulitan dalam memperoleh pakan. Hal ini tentu berpengaruh besar pada populasi orangutan. Konservasi hutan hujan adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk melindungi keberlangsungan hidup orangutan dan ekosistem tempat mereka tinggal.

Anda juga dapat menjadi bagian dari upaya konservasi orangutan dan habitatnya dengan mendukung kami melalui aksi nyata!




DONASI DI SINI

Menurutmu orang lain perlu tahu? Bagikan!

image image image

CATATAN!



OK

YA, AMPUN!



Tutup