Apakah kamu member?

Merdeka bagi Orangutan: Menyatukan Semangat Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Hari Orangutan


Dalam rangka memperingati perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus dan Hari Orangutan Internasional yang jatuh dua hari sesudahnya, 19 Agustus, Yayasan BOS sebagai mitra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan bangga mengumumkan kampanye baru kami yang berjudul "Merdeka bagi Orangutan: Menyatukan Semangat Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Hari Orangutan."

Bogor, 16 Agustus 2023. Dalam rangka memperingati perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus dan Hari Orangutan Internasional yang jatuh dua hari sesudahnya, 19 Agustus, Yayasan BOS sebagai mitra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan bangga mengumumkan kampanye baru kami yang berjudul "Merdeka bagi Orangutan: Menyatukan Semangat Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Hari Orangutan."

Dr. Ir. Jamartin Sihite, MSc., CEO dari Yayasan BOS, mengatakan, “Pada momen yang bersejarah ini, kami ingin menggabungkan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia dengan upaya untuk memastikan kebebasan dan kelangsungan hidup orangutan, saudara-saudara kita yang berharga dalam ekosistem alam. Seperti halnya bangsa ini merayakan kemerdekaannya, kami percaya bahwa kebebasan orangutan juga merupakan hal yang penting dan layak untuk dijaga dan dirayakan.”

Dalam semangat kemerdekaan, Yayasan BOS ingin mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia tentang pentingnya memastikan kebebasan dan kelangsungan hidup bagi orangutan, satu-satunya kera besar Asia yang berbagi 97% DNA dengan kita, untuk hidup sejahtera di alam liar sesuai kodratnya. Seperti bangsa Indonesia merayakan kemerdekaan, orangutan juga berhak merdeka di rumah mereka di hutan.

Kampanye "Merdeka bagi Orangutan" kami bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlindungan dan pelestarian orangutan sebagai spesies yang terancam dan berperan penting dalam ekosistem. Melalui kampanye ini juga Yayasan BOS berupaya mendorong upaya pemulihan dan perlindungan hutan untuk memastikan kelangsungan hidup orangutan di alam liar, serta mengajak masyarakat berpartisipasi dalam upaya konservasi dan memahami peran penting orangutan dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Sejalan dengan semangat kemerdekaan Republik Indonesia, bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan BKSDA Kalimantan Tengah dan Timur, Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (Yayasan BOS) telah berhasil melepasliarkan 515 orangutan kembali ke alam liar. Selain itu, di pusat rehabilitasi yang berlokasi di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah dan Samboja Lestari di Kalimantan Timur, tim kami dengan penuh dedikasi merawat dan memberikan perlindungan terhadap kurang lebih 400 orangutan yang saat ini menunggu giliran untuk dilepasliarkan ke habitat mereka yang sebenarnya.

Dalam perayaan orangutan tahun ini, Yayasan BOS mengadakan acara luring di Bogor dengan pemutaran film spesial dokumenter orangutan dengan menghadirkan pakar kesejahteraan hewan, pegiat fotografi di alam liar, dan campaigner awareness Yayasan BOS dengan tema acara “Forest for My Orangutans.”

Mari bergabung dalam perayaan ini dengan menggunakan tagar #MerdekaBagiOrangutan, #LoveforOrangutans #SaveOrangutans di media sosial. Untuk lebih lanjut mengenai kampanye "Merdeka bagi Orangutan" dan dukungan Anda dalam upaya konservasi, kunjungi situs web kami di www.orangutan.or.id/freedom.

Editors Note :

Coordinator of Media and PR BOS Foundation
Ariella Kurnia
081294554616



KAMI JUGA MENYARANKAN

TIGA ORANGUTAN KEMBALI KE HABITAT ALAMI DI TNBBBR

Rangkaian pelepasliaran orangutan terus berjalan, dengan adanya kerja sama antara Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), USAID LESTARI, dan Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survi

TAHUN KEBEBASAN ORANGUTAN #FREEDOM: YAYASAN BOS DAN BKSDA KALIMANTAN TENGAH KEMBALI LEPASLIARKAN 12 ORANGUTAN DI TNBBBR

Dalam meluncurkan kampanye #FREEDOM kami, Yayasan BOS dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah kembali melepasliarkan 12 orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR). Dalam kesempatan ini, 1 orangutan hasil...

LIMA ORANGUTAN KEMBALI PEROLEH KEBEBASAN DI KEHJE SEWEN

Yayasan BOS hari ini kembali melepasliarkan lima orangutan dari Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Timur di Samboja Lestari ke habitat alaminya di Hutan Kehje Sewen. Pelepasliaran ini menambah populasi orangutan di sana menjadi 91 individu. 

CATATAN!



OK

YA, AMPUN!



Tutup